A
. Pengertian
1.Pengertian Teknologi
Kata
teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah
teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti
sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983)
teknologi adalah suatu rancangan (desain)
untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab
akibat dalam mencapai suatu hal yang diinginkan. Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi
sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri
efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Menurut
Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun
yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih
sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun
istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara
harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian
teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra
dan otak manusia
Pengertian
yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific and other knowledge to practical task by
ordered systems. that involve people and organizations, living things and
machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologi tetap terkait
pada pihak-pihak yang terlibat dalain perencanaannya, karena.....
itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi
teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people to
facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada beberapa
esiensi yang terkandung yaitu :
·
Teknologi
terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan
teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
·
Teknologi
merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
·
Teknologi
merupakan himpunan dari pikiran (set of
means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal,
tergantung dari sudtit pandang analisis
·
Teknologi
bertujuan untuk memfasilitasi human
endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga teknologi harus mampu meningkatkan
performansi (kinerja) kemampuan manusia.
Dari
definisi di atas, ada 3 entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, skill (Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).
Teknologi
adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan
atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam
melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah
menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan
dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya
diciptakanuntuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga
memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
2 . Pengertian informasi
Informasi
merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan
pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi
pemakainya. Bentuk informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil
pengolahan sebuah database yang akan digunakan untuk proses pengambilan
keputusan pada manajemen akan membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data
merupakan fakta atau nilai (value)
yang tercatat atau mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan
suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan
tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif
menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan system informasi
manajemen. Pengertian Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi
data, data dan system.
3.Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah
data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi
data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami
evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah
melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan
antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering
di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat
untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi
informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian
pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
·
Lebih
cepat
·
Lebih
luas sebarannya, dan
·
Lebih
lama penyimpanannya.
Pada awal sejarah,
manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa
memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.
Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar
saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui
ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di
tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu
jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar,
informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang
sama sekali.
Setelah itu teknologi
penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan
informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada
orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa
gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia
sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi
yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu
peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi
lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
Teknologi
informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data
(memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada
zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan
generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara
Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di
sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat
untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu
4. Pengertian Masyarakat
Masyarakat bisa diartikan sebagai pergaulan hidup
manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat dengan ikatan
aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut Hasan Sadily
memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu berubah, yang
hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses perubahan itu”.
Sedangkan menurut Plato
masyarakat ialah “merupakan refleksi dari manusia perorangan”. Suatu masyarakat
akan mengalami keguncangan sebagaimana halnya manusia perorangan yang terganggu
keseimbangan jiwanya yang terdiri dari tiga unsur yaitu nafsu, semangat dan
intelegensia.
Dalam konsep An-Nas bahwa
masyarakat adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri dengan
mengabaikan keterlibatannya dengan kepentingan pergaulan antara sesamanya dalam
kehidupan bermasyarakat. Dalam hubungan manusia dengan masyarakat terjadi
interaksi aktif. Manusia dapat mengintervensi dengan masyarakat lingkungannya
dan sebaliknya masyarakat pun dapat memberi pada manusia sebagai warganya. Oleh
karena itu, dalam pandangan Islam, masyarakat memiliki karakteristik tertentu.
Prinsip-prinsip ini harus
dijadikan dasar pertimbangan dalam penyusunan sistem pendidikan Islam.
Masyarakat merupakan lapangan pergaulan antara sesama manusia. pada
kenyataannya masyarakat juga dinilai ikut memberi pengaruh terhadap berbagai
aspek kehidupan dan perilaku manusia yang menjadi anggota masyarakat tersebut.
Atas dasar pertimbangan ini, maka pemikiran tentang masyarakat mengacu pada
penilaian bahwa:
1.
Masyarakat
merupakan kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan dari berbagai aspek
seperti latar belakang budaya, agama, tradisi kawasan lingkungan dan lain-lain.
2.
Masyarakat
terbentuk dalam keragaman adalah sebagai ketentuan dari Allah, agar dalam
kehidupan terjadi dinamika kehidupan sosial, dalam interaksi antar sesama
manusia yang menjadi warganya.
3.
Setiap
masyarakat memiliki identitas sendiri yang secara prinsip berbeda satu sama
lain.
4.
Masyarakat
merupakan lingkungan yang dapat memberi pengaruh pada pengembangan potensi
individu.
Dari beberapa penjelasan
yang telah dijelaskan di atas, dapatlah diberi kesimpulan bahwa pengertian
masyarakat yang penulis maksudkan ialah sekelompok manusia yang terdiri di
dalamnya ada keluarga, masyarakat dan adat kebiasaan yang terikat dalam satu
kesatuan aturan tertentu.
B.
Macam-macam Teknologi Informasi Era Modern
1.
Mesin
Cetak
Mesin
Cetak pertama dibuat oleh Johann
Guttenberg.
2.
Analytical
Machine
Diciptakan
oleh Charles Babbage . Mesin ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data,
mengolah data, serta mengeluarkan bentuk outputnya dibuat kartu.
3.
Telegraf
dan Kode Morse
Diciptakan
pada 1873 oleh Samuel Morse bersama kedua kawannya.
4.
Film
Diciptakan
pada tahun 1861 sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada
atau menyampaikan pesan kepada orang banyak.
5.
Pesawat
Telepon dan Fotografi
Diciptakan
pada 1877 oleh Alexander Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan
secara umum.
6.
Pita
penyimpan magnetis
Ditemukan pada 1899.
7.
TV
Tabung
Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923.
8.
Media
penyimpan magnetic tape
Diciptakan pada 1940.
9.
Hypertext
Hypertext adalah system pengkodean yang dikembangkan oleh
Vannevar Bush.
10.
Komputer
Digital
Diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang
terinspirasi oleh ditemukannya analytical machine.
11.
Transistor
Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar
bentuknya menjadi lebih kecil, lebih hemat energi, dan tidak
menimbulkan panas berlebih.
12.
Transistor
Planar
Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor
planar oleh Jean Hoerni.
13.
Jaringan
computer Desentralisasi
Pengembangan system jaringan desentralisasi oleh RAND
yang bertujuan mengendalikan system
pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang nuklir.
14.
Jaringan
computer pertama
Pada 1969, ditemukan system jaringan computer pertama di
Amerika Serikat yang dibentuk dengan
menghubungkan empat titik, yaitu Universitas of California, SRI (Stanford), University of Utah, dan University
California of Santa Barbara, dengan
kekuatan sebesar 50 kbps.
15.
Email
Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan
text atau emaildi awal kemunculannya.
Ray Tomlinson menciptakannya pada 1972.
16.
Internet
Istilah Internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis
mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Setelah itu,
dikembangkan sebuah protokol
jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981, dikembangkan CSNET dengan kapasitas 56 kbps untuk setiap institusi
dalam pemerintahan. Pada 1986,
IERF mengembangkan sebuah server yang berfungsi
sebagai alat untuk melakukan koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan internet
gateway.
C. Dampak Teknologi Informasi
1. Dampak Positif
Dampak Positif dari
munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah
dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas
e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.
3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya
teknologi informasi.
4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu
hal melalui internet.
5. Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melaui internet.
6. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan
internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui
handphone.
7. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
8. Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
9. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga
manusia tahu apa saja yang terjadi.
10. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
11. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2. Dampak negatif
Dampak Negatif dari munculnya
Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan
internet.
2. Munculnya budaya plagiarisme.
3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa
izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa
kita sebut 'copast' copy paste.
4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
6. Mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan
ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan.
7. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat
internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros
dan tentu berefek tidak baik untuk kantong.
8. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
9. Dari perubahan sifat sosial tersebut
mengakibatkan pola perubahan pada interaksi.
10. Meluasnya perjudian.
11. Dengan jaringan yang tersedia penjudi tidak perlu ke tempat
khusus untuk memenuhi keinginannya.
BAB III
PEMBAHASAN
Dari pengamatan penulis, tahapan pemanfaatan teknologi informasi
dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media
yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode
konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik,
kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung
tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih effisien dalam
waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara
konventional, orang mulai melihat kelebihan lainnnya, seperti
menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat
eletronik (e-mail), pencarian data
melalui search
engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat
komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi
informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu
operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan
dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan
ruang.
Teknologi
informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret ukur. Dari
tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam,
dan dari jam ke detik. Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada
suatu argumen, bahwa informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus
kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bisa lepas dari pendidikan yang sebenarnya
juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu
pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu
bangsa.
Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap
dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001),
dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ada lima
pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu:
1. Pergeseran dari pelatihan ke penampilan.
2. Pergeseran dari ruang kelasmenjadi dimana saja dan kapan
saja.
3. Pergeseran dari fasilitas kertas menjadi ‘on line’.
4. Pergeseran dari fasilitas fisik menjadi fasilitas
jaringan kerja.
5. Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan
menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail,
dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan
tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat
memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula
siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber
melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.
Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya,
yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah
lain yang makin populer saat ini ialah e-learning
yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan
informasi khususnya internet.
E-learning
merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran
dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
1. E-learning
merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbarui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi
materi ajar atau informasi.
2. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir menggunakan
komputer dengan teknologi
internet yang standar.
3. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran
tradisional.
(Rosenberg 2001;28)
Pada saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai
model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer
Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop
Videoconferencing, ILS (Integrated
Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted
Classroom), Teleconferencing, WBT
(Web-Based Training), dsb.
Perkembangan Pendidkan di Era
Globalisasi.Kerjasama yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan
dengan lebih mudah antar pakar dan juga dengan mahasiswa. Padahal dahulu,
seseorang harus berkelana atau berjalan jauh menempuh ruang dan waktu untuk
menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini
dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian
dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email,
ataupun dengan menggunakan mekanisme file
sharring dan mailing list.
Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi dapat berdiskusi masalah
teknologi komputer dengan seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa.
Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik
di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
Di dalam bidang penelitian juga diperlukan Sharing
information agar penelitian tidak berulang (reinvent
the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga
penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses
pengembangan ilmu dan teknologi.
Sebuah aplikasi baru bagi Internet yaitu Virtual university.
Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat
menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya
dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam
satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40 – 50 orang. Virtual
university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja. Penyedia layanan
Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com . Mungkin sekarang ini
Virtual University layanannya belum efektif karena teknologi yang masih minim.
Namun diharapkan di masa depan Virtual University ini dapat menggunakan
teknologi yang lebih handal semisal Video Streaming yang dimasa mendatang akan
dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga tercipta suatu sistem belajar mengajar yang
efektif yang diimpi-impikan oleh setiap ahli IT di dunia Pendidikan. Virtual
School juga diharapkan untuk hadir pada jangka waktu satu dasawarsa ke depan.
Manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi
alasan yang kuat untuk menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang
pendidikan di Indonesia.
B. Penggunaan Komputer di
Kehidupan Masyarakat :
1. Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer digunakan sebagai
Sistem Uang Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit,
Debit Card, dan lain lain) untuk menyimpan data,
memproses transaksi dan pembayaran tagihan secara on-line.
2. Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu untuk memproses data
dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat
perbelanjaan untuk menyimpan data transaksi, inventaris
persediaan (stock) barang, pembuatan
laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan
lain-lain. Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara
elektronik dengan menggunakan credit card
atau debit card.
3. Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja.
Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja
dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer
seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya
kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.
4. Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu
lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi
modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan
satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat
untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.
5. Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern, komputer digunakan
untuk membantu dokter menjalankan tugasnya seperti
mendiagnosis penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak
(CAT – Computer Axial Tomography),
membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca
dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu
untuk menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan stock obat-obatan.
6. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran
dikenal sebagai CBE (Computer
Based Education). CAI (Computer
Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk
menyampaikan arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer jg
dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi
belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan.
7. Bidang Seni
Synthesizer kini popular digunakan untuk
meniru bunyi alat-alat musik
tradisional
seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan dalam berbagai
proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan
bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah
digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan “special
effects”.
8. Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk penyelidikan tenaga
nuklear dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak.
Komputer juga digunakan untuk penelitian angkasa lepas
dan penyelidikan asas dalam sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan
dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal
cuaca pada ketika itu.
9. Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber alat
rekreasi untuk orang ramai yaitu permainan komputer baik
secara online maupun offline. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang
canggih seperti roller
coaster dan lain-lain.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan
dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal
perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan
peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan
navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk
mengurangkan biaya.
11. Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari
komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya.
Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa
sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-mail ialah surat elektronik yang dikirim
melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan
menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer
kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui
telepon.
C. Macam-macam Teknologi Informasi di Sekitar Kita
Di era modern ini, kita bias merasakan pesatnya perkembangan
teknologi yang cukup menakjubkan, khususnya dirasakan dalam bidang teknologi,
seperti teknologi informasi dan komunikasi. Macam-macam Teknologi Informasi pun
berkembang lebih cenggih dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis
peralatan yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, baik
melalui media cetak atau pun elektronik. Berikut ini adalah beberapa alat yang
tergolong dalam teknologi informasi:
1. Televisi
Merupakan perangkat
teknologi informasi yang berupa system penyiaran
yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio).
2. Komputer
Merupakan alat
elektronik otomatis yang biasanya alat ini digunakan untuk membantu dalam
mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya
untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan computer dapat berupa tulisan, gambar,
suara, video, dan animasi.
3.Laptop
Perangkat ini memiliki
fungsi yang sama dengan computer. Hanya saja pembuatannya
sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa kemana pun.
4.Radio
Merupakan perangkat
teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal.
Perangkat elektronik ini memiliki fungsi
untuk menyampaikan informasi
berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
5. Kamera
Digital
Merupakan perangkat
teknologi terkini yang biasa digunakan untuk mengabadikan
gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpan secara digital atau
disk.
6. Al-Quran
Digital
Al-Quran digital adalah
perangkat yang dapat menyimpan dan menampilkan
ayat- ayat suci Al-Quran, baik dalam
huruf arab ataupun terjemahan.
Canggihnya, alat ini dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
7. Mesin
Kasir
Merupakan perangkat yang
digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran
di kasir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA